Seminar P5 menghadirkan DP3AKB Jember, Duta Genre Jember, dan Puskesmas Kencong

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh pelajar kurikulum merdeka. Begitupun SMAN 1 Kencong, kali ini kami mengangkat tema "Bangunlah Jiwa dan Raga". Untuk menambah wawasan mengenai materi P5 kali ini, SMAN 1 Kencong telah mengadakan seminar P5 bagi siswa-siswi kelas X dan XI. Kegiatan ini dilaksanakan pada jam ke 2 hingga jam ke 5 di aula lantai 2 SMAN 1 Kencong.
Pada awal seminar, semua peserta yang ikutserta dalam kegiatan tersebut diminta berdiri untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu dilanjut dengan Sambutan dari bapak Wakil Kepala Sekolah, dan pembawa acara yang pertama yakni Bapak Andy Asmara. Beliau menjelaskan betapa pentingnya menjaga kesehatan mental khususnya bagi remaja. Pak Andy juga menjelaskan tentang teori mengenai otak yang terbagi menjadi 3. Yang pertama yaitu alam sadar, yang kedua alam pra-sadar, dan yang terakhir alam bawah sadar. Beliau juga menyampaikan teori alam bawah sadar adalah yang paling jarang dperhatikan kesehatan mentalnya. Padahal, alam bawah sadar ini adalah 80% bagian yang mempengaruhi otak kita.

Setelah sambutan dri Bapak Andy, siswa-siswi diberikan penjelasan juga mengenai pentingnya mempeljari bahaya dari kenakalan remaja yang disampaikan oleh kakak-kakak Insan Genre Kabupaten Jember. Beberapa poin yang didapat dari penjelasan kakak-kakak tadi diantaranya:

  1. Genre adalah Generasi Berencana yang merupakan program BKKBN yang bertujuan menginformasikn pada remaja untuk melngsngkan kegidupn berkeluarga seanjutnya.
  2. Remaja merupakan proses pendewasaan seseorang ketika ia sudah mulai labil, kepo, dan mengalami perubahan-perubahan fisik secara cepat.
  3. Jika mengikuti Genre, Benefit yang bisa didapatkan adalah dapat menyelesikan masalah sendir, mengetahui masalah-masalah yang dialmi remaja, dan bagaimana cara menetralkan emosi.

Tidak hanya itu, siswa-siswi SMAN 1 Kencong juga mendapat pembekalan dari dokter Puskesmas Kenong mengenai kesehatan reproduksi remaja dan cara menjaga kebutuhan gizi agar tidak menyebabkan berbagai macam penyakit. Contohnya seperti penyakit HIV?\AIDS yang bisa disebabkan oleh seks pra-nikah, seringnya aborsi hingga terkena kanker serviks, dan gizi buruk yang bisa menyebabkan stunting.

Dari kegiatan seminar ini, tentunya banyak pelajaran yang diperoleh untuk pembekalan siswa-siswi di masa yang akan datang. Jadi, mari kita jaga kesehatan fisik maupun mental kita, agar terhindar dari bebagai macam penyakit berbahaya.

Penulis : Keisha X.9 | Editor : Cak Narto
Share:

0 Comments:

Post a Comment

Pengunjung

Kesaktian Pancasila

Kami ada di

Support

3/random/post-list