IHT Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Peserta Didik

Peningkatan mutu pembelajaran yang keberpihakan pada peserta didik sebagai tujuannya adalah hal mutlak yang harus dipenuhi oleh sebuah instansi pendidikan. Hal tersebut sebagai upaya penerapan filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara. Dengan tiga semboyan pendidikan Ki Hajar Dewantara yaitu Ing Ngarsa Sun Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani harus benar-benar dapat diterapkan dengan sebaik-baiknya, terutama oleh para Pendidik Profesional. 
Dalam upaya peningkatan kompetensi pendidik itulah, SMAN 1 Kencong terus mengasah kemampuan, keterampilan serta pemahaman pendidik pada tupoksinya. Salah satu strategi yang dilakukan adalah dengan mengadakan In House Training (IHT) yang kali ini dilaksanakan pada awal Semester Genap. Pada IHT kali ini, SMAN 1 Kencong menghadirkan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Jember - Lumajang, Bpk. Sugeng Trianto, S.Sos.,  MM.; Kasi SMA, Bpk. Cahyo Budi Laksono, S.S.; Kasi SMK, Bpk. Abdul Khotib, S.Pd.; Ka Sub Bagian TU, Ibu Trismining Widiastutik, S.Pd.; Pengawas Bina SMAN 1 Kencong, Bpk. Ponadi, M.Si.; serta Guru Berprestasi Pemenang GCC Batch 4 Bidang Lomba Media Pembelajaran Interaktif berbasis IT, Bpk. Dr. Abdul Muis Joenaidy sebagai narasumber.
Sebagai pembuka pada acara IHT ini, Bpk. Muhammad Saiful Bahri selaku Kepala Sekolah menyampaikan dasar, tujuan, dan manfaat yang diharapkan dari pelaksanaan IHT kali ini yang kemudian diamini dan dibuka secara resmi oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan wilayah Jember-Lumajang. 
Mengambil tema "Menceritakan Inovasi Pembelajaran untuk Peningkatan Kualitas Peserta Didik" kegiatan IHT ini meningkatkan antusias para tenaga pendidik di SMAN 1 Kencong. Karena materi yang dibawakan oleh narasumber sangat menarik baik dari segi penyampaian maulun isi dari materi itu sendiri. Terutama materi yang dijadikan sebagai penutup kegiatan ini. Membangun sebuah media pembelajaran interaktif dengan memanfaatkan kemajuan IT, ternyata menghipnotis seluruh peserta IHT untuk terus mengikuti sampai acara berakhir.
Bahkan di akhir acara, pada tahapan refleksi banyak diantara peserta yang mengajarkan ada pelatihan lanjutan tentang materi ini. Hal ini menunjukkan bahwa kemauan para tenaga pendidik untuk terus meningkatkan kompetensinya. Dan tentu saja ini akan berbanding lurus demgan peningkatan kualitas peserta didik.
Share:

0 Comments:

Post a Comment

Pengunjung

Kesaktian Pancasila

Kami ada di

Support

3/random/post-list