Pembukaan MPLS SMA/SMK oleh Gubernur Jawa Timur

Penerimaan Peserta Didik baru di tingkat SMA/SMK di wilayah Propinsi Jawa Timur tahun pelajaran 2023/2024 terbilang berbeda dari tahun - tahun sebelumnya. Terutama pada saat pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Karena pelaksanaan MPLS tahun ini langsung dibuka secara terpusat oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indah Parawangsa. Untuk di SMAN 1 Kencong sendiri mengikuti acara pembukaan MPLS ini secara daring melalui zoom. 
Pembukaan MPLS ini diikuti oleh 3.395 sekolah yang dilaksanakan serentak pada hari Senin (17/07/2023). Dalam pidatonya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indra Parawangsa memastikan bahwa MPLS tahun ini aman, nyaman, dan merasa senang. Khofifah menambahkan bahwa tidak boleh lagi ada kekerasan dalam bentuk apa pun dan oleh siapa pun dalam MPLS. Mereka (siswa) ini seharusnya dibimbing, dididik, diingatkan, dan dibina. Oleh karena itu, kekerasan dan perundungan harus dihindarkan dalam MPLS maupun tahap berikutnya.
Dengan arahan dari Gubernur Jawa Timur tersebut, SMAN 1 Kencong menerapkan MPLS yang aman dan nyaman untuk membuat taman belajar menjadi menyenangkan bagi siswa. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara kreatif dan edukatif.
Kegiatan pembukaan MPLS secara langsung oleh Gubernur Jawa Timur ini ditutup dengan kegiatan santunan kepada anak yatim di sekolah masing - masing serta penanaman pohon secara simbolis oleh Kepala Sekolah dan perwakilan siswa baru. 
Selain itu, selain dibuka secara langsung oleh Gubernur Jawa Timur MPLS juga diadakan secara terpusat di Pusat Angkatan Laut di Surabaya. Khusus di Cabang Dinas Pendidikan wilayah Jember - Lumajang, setaip sekolah diwakili oleh 1 siswa putra dan 1 siswa putri. Namun, tidak semua sekolah dapat mewakili acara ini. Ada beberapa sekolah yang tidak memberangkatkan siswanya ke acara tersebut, yang kemudian perwakilannya dialihkan ke sekolah yang lain, termasuk dari SMAN 1 Kencong yang awalya cuma 2 orang kemudian menjadi 4 orang. Acara ini berlangsung selama 3 hari yaitu tanggal 17 - 19 Juli 2023.
Pak Eko Susilu selaku Wakil urusan Kesiswa dari SMAN 1 Kencong bertindak sebagai pembina pendamping pada acara MPLS terpusat ini. Beliau mengatakan bahwa kegiatan ini sangat positif untuk para siswa terutama siswa baru di tingkat SMA/SMK, dikarenakan kegiatan ini dapat membentuk pribadi yang tangguh, kuat, mental baja, dan selalu optimis. Harapannya kegiatan ini tidak hanya tahun ini, tapi bisa bekersinambungan di tahun - tahun berikutnya. 

Share:

0 Comments:

Post a Comment

Pengunjung

Kesaktian Pancasila

Kami ada di

Support

3/random/post-list