Simulasi Assesmen Nasional Tahun 2023

Tahapan Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) secara nasional tahun 2023 dimulai dengan pelaksanaan Simulasi pelaksanaan Assessmen. Hal ini dimaksudkan untuk melihat kesiapan pelaksanaan secara menyeluruh. Kesiapan yang dimaksud disini adalah kesiapan sarana prasarana baik di tingkat Panitia Pelaksana maulun di tingkat satuan pendidikan. Selain untuk melihat kesiapan sarana prasarana penunjang, juga simulais diperlukan untuk melihat sejauh mana Sumber Daya Manusia (SDM) pelaksana ANBK siap untuk mengikuti assesmen tahun 2023 ini.
Di SMAN 1 Kencong sendiri, simulasi ANBK tahun 2023 diikuti oleh siswa sebanyak 45 dan 5 siswa sebagai peserta cadangan. Jumlah ini diambil secara acak oleh panitia Nasional berdasarkan data siswa yang ada di Dapodik. Sehingga dalam penentuan nama-nama siswa yang berhak mengikuti ANBK murni menjadi hak prerogatif dari panitia secara nasional. Satuan pendidikan dalam hal ini adalah SMAN 1 Kencong mempersiapkan siswa-siswi yang terpilih untuk mengikuti ANBK secara maksimal. Hal ini tentu demi pencapaian hasil terbaik pada assesmen nasional kali ini.
Secara sarana prasarana penunjang dalam pelaksanaan ANBK tahun ini, SMAN 1 Kencong dapat dinyatakan siap dikarenakan jumlah laboratorium komputer (labkom) beserta komputer server dan klien sudah melebihi dari jumlah peserta ANBK. Hal ini menjadi kredit poin tersendiri bagi dinas terkait dan pemangku kebijakan, bahwa SMAN 1 Kencong selalu siap untuk mengikuti seluruh proses pendidikan dan ujian yang dilaksanakan oleh Pemerintah melalui Dinas Pendidikan.
Kemudian muncul pertanyaan, apa sebenarnya Assesmen Nasional itu? Apa saja yang diteskan pada Assesmen Nasional kali ini? Assesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi secara Nasional untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Dalam pelaksanaannya Assesmen Nasional ini dilengkapi 3 (tiga) instrumen penilaian yaitu Assesmen Kompetensi Minimum (AKM literasi, numerasi), Survey Karakter, dan Survey Lingkungan Belajar.
Share:

0 Comments:

Post a Comment

Pengunjung

Kesaktian Pancasila

Kami ada di

Support

3/random/post-list