Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Jiwa Kepemimpinan melalui LDKS

Latihan Dasar Kepemimpinan bagi siswa adalah sebuah program kesiswaan yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan atau skill siswa dalam berogranisasi yang tujuan akhirnya adalah membangun karakter siswa, baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah.

Oleh karena besarnya manfaat dari Latihan Dasar Kepemimpinan ini, Kesiswaan SMAN 1 Kencong menjadikan Latihan Dasar Kepemimpinan ini sebagai program tahunan, yang diutamakan diberikan kepada calon Pengurus OSIS baru.

Pada tahun pelajaran 2022/2023 ini, SMAN 1 Kencong turut berpartisipasi pada LDKS bersama dengan berbagai sekolah di lingkungan Cabang Dinas Propinsi Jawa Timur Wilayah Jember – Lumajang dan Wilayah Bondowoso – Situbondo. Mengambil tempat di SMAN 1 Situbondo sebagai homebase Latihan Dasar Kepemimpinan bagi siswa, LDKS ini dilaksanakan dengan kerjasama yang apik antara Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur bersama Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Surabaya.

Sebanyak 500 pelajar dari 15 SMA, SMK, SMP se-Jawa Timur terlibat aktif dalam acara yang mengangkat tema “Membangun Mentalitas Kepemimpinan dan Mentalitas Kebangsaan Peserta Didik Sebagai Penerus Bangsa”. Turut hadir pula pada acara Pembukaan LDKS kali ini beberapa tamu kehormatan, diantaranya STTAL, anggota Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur Hj. Zeiniye, Dandim 0823 Situbondo, Kapolres Situbondo, kepala-kepala SMA, SMK, SMP dari Kabupaten Situbondo, Bondowoso, Jember dan Lumajang, Ketua PMI Situbondo, serta tim dari SMAN 1 Kencong didampingi oleh Kepala Sekolah Suryadi, S.Pd., M.Pd, Wakil Kepala Sekolah urusan Kesiswaan Eko Susilo Santoso, S.Pd, M.Pd beserta tim kesiswaan yaitu Dra. Suhartatik, Dian Farida Pramanasari, S.Pd, Abdul Kafi Munajat, S.PdI, M.Pd, dan Sunarto Hadi, S.Pd.


Dalam sambutannya pada Pembukaan LDKS ini, Laksamana Pertama TNI Dr. Mukhlis, S.T., M.M, CHRMP, CACA, CRMP selaku Komandan STTAL Surabaya menyampaikan bahwa pelaksanaan LDKS tersebut penting untuk meningkatkan karakter leader siswa dari sejak dini. “Acara latihan dasar kepemimpinan ini merupakan acara yang dapat mewujudkan siswa yang visioner yang mampu menjadi seorang pemimpin kelak. Dengan melakukan pembiasaan dari sekolah dapat membuka ruang luas bagi siswa menjadi pribadi utuh yang kelak dapat berguna bangsa” ungkap Dr.Mukhlis.

Kacab Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur Wilayah Bondowoso – Situbondo, Bapak Achmad Jaenuri, S.Pd, M.Pd, menyampaikan harapanya terhadap pelaksanaan LDKS ini yaitu LDKS gabungan ini dapat membentuk mental siswa yang harus selalu siap pasca terjun di masyarakat. “Semoga dari berlangsungnya acara ini dapat mewujudkan profil pelajar pancasila dan peserta didik kedepannya dapat menjadi sosok yang berguna bagi bangsa” ungkapnya. Beliau juga berharap kegiatan LDKS ini tidak hanya berhenti sampai disini saja. Beliau berharap LDKS ini dapat menjadi agenda tahunan dengan jumlah peserta yang bisa ditingkatkan kembali dengan merangkul sekolah – sekolah yang pada pelaksanaan LDKS tahun ini belum bisa bergabung.

Selanjutnya, seluruh peserta LDKS dan tamu undangan bergerak menuju Aula  guna untuk melakukan pendatanganan piagam nota kesepakatan dan dilanjutkan dengan pemberian materi kepada peserta LDKS. Dan dilanjutkan pemberian materi PBB dan outbond yang mengambil tempat di lapangan upacara .

Dalam sambutannya pada Upacara Penutupan LDKS, Komandan STTAL memberikan apresiasi yang tak terhingga terhadap berjalannya acara LDKS di  ini. Kegiatan ini tidak akan dapat berjalan dengan baik tanpa ada dukungan dan kerjasama yang baik diantara semua pihak yang terlibat, dan beliau juga memberikan harapa yang setinggi – tingginya bahwa kerjasama dalam pelaksanaan LDKS ini dapat berjalan lebih lama dan berkesinambungan.

Share:

0 Comments:

Post a Comment

Pengunjung

Kesaktian Pancasila

Kami ada di

Support

3/random/post-list