SOSIALISASI PTN/PTS KEPADA SISWA KELAS XII BESERTA ORANG TUA / WALI

Tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah dirumuskan mengacu pada tujuan umum pendidikan. Tujuan pendidikan menengah adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

Berdasarkan tujuan dari pendidikan menengah tersebut dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa siswa yang baru menyelesaikan pendidikannya di bangku SMP/MTs mempunyai 2 opsi pendidikan menengah yang akan diambil, yaitu sekolah yag melatih keterampilan untuk hidup mandiri atau sekolah yang melatih untuk siap mengikuti pendidikan lebih lanjut / pendidikan tinggi. Hal ini tentu menjadi fokus utama dari orang tua dalam menentukan putra – putriya memilih sekolah menengah tingkat atas.

Bagi orang tua yang menginginkan putra-putrinya memiliki keterampilan untuk hidup mandiri maka harus melanjtukan ke SMK/MAK, sedang bagi orang tua yang mengharapkan putra – putrinya melanjutkan ke pendidikan tigi maka orang tua harus memasukan putra – putrinya ke SMA/MA.

Sehubungan dengan hal tersebut, SMAN 1 Kencong juga turut menyiapkan siswa kelas XII untuk siap melanjutkan ke pendidikan tinggi. Salah satunya adalah dengan menyelenggarakan sosialisasi terhadap siswa kelas XII dan orang tua / wali murid. Sosialisasi ini dimaksudnya untuk menambah pemahaman orang tua dan siswa terhadap pentingnya pendidikan tinggi bagi lulusan SMA.

Paparan materi sosiaisasi sekaligus motivasi disampaikan langsung oeh Kepala SMAN 1 Kencong, Suryadi, S.Pd., M.Pd. Dalam paparannya, Suryadi, S.Pd, M.Pd menyampaikan bahwa pendidikan tinggi adalah suatu yang harus diambil oleh lulusan SMA untuk dapat meningkatkan kualifikasi dan pengetahuan anak dalam rangka mempersiapkan masa depan. “lulusan SMK adalah siswa yang didik untuk siap bekerja, sedangkan lulusan SMA adalah siswa yang disiapkan untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi. Lulus SMK, siswa bisa langsung bekerja, sedangkan lulusan SMA harus menunda bekerjanya dengan melanjutkan ke pendidikan tinggi dulu supaya nantinya bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, dan bahkan bisa lebih dari lulusan SMK” begitu yang disampaikan oleh beliau.


Acara sosialisasi ini ternyata mendapatkan apresiasi dan antusiasme tinggi baik dari siswa maupun dari orang tua / wali murid. Tidak sedikit orang tua / wali murid yang menyatakan bahwa acara ini mengubah pola pikirnya tentang pendidikan tinggi dan permasalahan yang biasanya dihadapi oleh orang tua yang ingin putra – putrinya melanjutkan ke pendidikan tinggi.

Pada akhir paparannya, Kepala SMAN 1 Kencong memberikan tantangan kepada seluruh siswa kelas XII beserta orang tua dan sekolah pada umumnya bahwasannya siswa yang melanjutkan ke pendidikan tinggi tahun ini harus lebih banyak dari tahun – tahun sebelumnya.

Pada akhir acara, salah satu orang tua / wali murid menyampaikan ungkapan terima kasih yang tak terhingga kepada kepala sekolah dan SMAN 1 Kencong yang sudah memberikan informasi dan motivasi pada acara ini. Beliau menyampaikan bahwa awalnya tidak ingin putrinya melanjutkan karena terkendala biaya, setelah mengikuti acara ini beliau berubah pikirannya dan akan berusaha sekuat tenaga supaya putrinya dapat kuliah.

Share:

0 Comments:

Post a Comment

Pengunjung

Kesaktian Pancasila

Kami ada di

Support

3/random/post-list