MPLS 2024 SMAN 1 KENCONG MENGHADIRKAN BAPAK WAKIL BUPATI JEMBER

Tahun Ajaran baru 2024 sudah dimulai sejak tanggal 15 Mei 2024. Siswa–siswi baru SMAN 1 Kencong menjalani masa MPLS mereka selama 4 hari. Pada hari pertama, mereka melaksanakan apel pembukaan MPLS di aula atas SMAN 1 Kencong. Dengan pimpinan Bapak Kepala Sekolah, Saiful Bahri, S.Ag., M.Pd.I. Beliau menandai pembukaan acara tersebut dengan pemukulan gong sebagai simbol mulainya acara.

Tema MPLS Tahun ini adalah “Kami Mendukung Anti Perundungan dan Gerakan Sekolah Sehat di Jawa Timur”. Tema ini diangkat dengan tujuan menghilangkan adat peloncoan yang biasa dilakukan kepada peserta didik baru yang menjalani MPLS. Peserta didik juga baru diberi snack untuk menghilangkan rasa bosan mereka ketika mendengarkan materi dari pemateri.

Siswa-siswi baru, OSIS, guru, dan karyawan sekolah diberi kesempatan untuk menuliskan tanda tangan mereka di banner berkolom yang disediakan oleh panitia MPLS. Materi yang disampaikan pada hari pertama yaitu berupa tata cara pengisian angket dan bimbingan konseling oleh guru BK, Bapak Sunarto, S.Pd. dan Fauzi, S.Pd. Tak lupa juga pendidikan karakter dan tata krama siswa oleh Bapak Farid Dwi Prihantono, S.Pd.

Pada hari kedua, peserta MPLS mendapat pembekalan materi yang disampaikan oleh Bapak Imam Wismantoro, M.Pd. mengenai pengenalan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), Dra Suhartatik akan kesadaran berbangsa dan bernegara, dan Ibu Dian Farida P, S.Pd. tentang adanya wawasan wiyata mandala, serta pengenalan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) oleh wakil dan sekretaris OSIS SMAN 1 Kencong, Fernanda Shevi Nurwahidah (XII.3) dan Nathania Qotrunnada (XII.4). Siswa-siswi baru yang memiliki bakat juga menunjukkan bakat menyanyi mereka saat jeda waktu yang ada sebelum pembekalan materi.


MPLS hari ketiga di SMAN 1 Kencong juga menjadi hari yang mengesankan bagi para peserta didik baru. Mereka diajarkan tentang kedisiplinan dan cara baris berbaris oleh Bapak Edi Suyono, Babinsa Desa Keraton dan kedua rekannya di lapangan SMAN 1 Kencong. Setelah itu, bapak komite SMAN 1 Kencong juga memberikan materi mengenai etika pelajar. Tepat pukul 11.00 WIB, seluruh peserta MPLS dibawa menuju kembali ke aula untuk menyambut kehadihan  Wakil Bupati Jember, Bapak KH. Muhammad Balya Firjaun Barlaman.

Tak lama setelah itu, Beliau datang dan mengisi sedikit sesi acara MPLS di SMAN 1 Kencong. Dikarenakan masih banyak acara yang harus dihadiri, Beliau pun pamit setelah adanya sesi wawancara oleh tim jurnalistik. “Saya berharap dari SMAN 1 Kencong ini lahir pemimpin-pemimpin bangsa yang memiliki intlektualitas yang tinggi, kemudian spiritual yang mantap serta bermanfaat untuk masyarakat. Saya berharap pionernya dari SMAN 1 Kencong.” Sedikit harapan singkat yang beliau ucapkan pada sesi wawancara. Di penghujung acara pada hari ketiga MPLS, siswa-siswi juga mendapatkan materi pembekalan oleh tim DP3AKB.

Kamis, 18 Juli 2024, hari terakhir MPLS pun tiba. Setelah dilaksanakannya apel pagi, siswa-siswi baru disuguhi dengan pertunjukan demonstrasi ekstrakulikuler. Acara yang cukup membayar lelahnya peserta didik baru selama 3 hari mendengarkan materi. Sekitar 21 ekstrakulikuler yang ada di SMAN 1 Kencong menampilkan penampilan terbaik mereka dalam acara tersebut. Ditutup dengan apel dan acara pembagian penghargaan kepada peserta MPLS terbaik degan penilaian mereka selama menjalani masa pengenalan lingungan sekolah, acara dapat berjalan lancar dengan bantuan dari panitia MPLS yang selalu siap sedia ketika adanya kendala apapun.

By: Keisha Alayna Zahra
Share:

0 Comments:

Post a Comment

Pengunjung

Kesaktian Pancasila

Kami ada di

Support

3/random/post-list