Penarikan Program KKPLP Univeristas Negeri Jember

KKPLP adalah singkatan dari Kuliah Kerja Pengalaman Lapangan Persekolahan adalah sebuah program yang dilaksanakan oleh FKIP Universitas Negeri Jember dalam rangka mewujudkan Merdeka Belajar di Kampus Merdeka (MBKM). Dalam program ini mahasiswa akan ditugaskan untuk terjun langsung ke sekolah - sekolah yang ditunjuk untuk melaksanakan praktek mengajar serta melaksanakan kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler. selain itu mahasiswa peserta KKPLP ini juga akan terjun langsung ke masayarakat sebagai program tambahannya.

Pada tahun akademik 2023 ini, SMAN 1 Kencong terpilih menjadi tempat mahasiswa UNEJ melaksanakan program KKPLP. sebanyak 16 mahasiswa dari 2 Program Studi, Pendidikan Sejarah dan Ekonomi, ditugaskan untuk melaksanakan praktek mengajar di SMAN 1 Kencong. Selama 45 hari terhitung sejak diantar dan diterima oleh Kepala Sekolah, mereka akan mempraktekkan ilmu yang yang sudah didapat di bangku kuliah dan mentrasnfernya ke adik - adiknya yang duduk di bangku kelas X dan XI. Pelaksanaan program KKPLP dari UNEJ ini berlangsungsejak tanggal 17 Juli 2023 sampai tanggal 31 Agustus 2023.


Secara umum pelaksanaan KKPLP kali ini berjalan lancar. Siswa - siswi benar - benar didampingi baik dalam proses pembelajaran maupun pada beberapa kegiatan tambahan yang diadakan oleh mahasiswa peserta program ini. Dalam proses pembelajaran seluruh mahasiswa dibagi dalam beberapa kelompok dan diampingi oleh 5 Guru Pamong yang terdiri dari 3 Guru Pamong mata pelajaran Sejarah dan 2 Guru Pamong mata pelajaran Ekonomi. Mereka diajari teknik mengajar yang baik, menyusun perangkat mengajar dan cara mendampingi siswa mulai pagi sampai dengan sore saat pulang sekolah.

Pada kegiatan tambahan, baik kokurikuler maupun ekstrakurikuler, mahasiswa peserta program KKPLP ini mengadakan beberapa agenda, salah satunya yang harus diikuti oleh seluruh siswa adalah pembuatan film pendek dalam rangka memperingati HUT RI yang ke 78. Kegiatan ini mendapat atensi yang cukup baik bahkan film - film yang dibuat oleh siswa - siswi sudah masuk kategori bagus. dan didapatkan 3 kelas sebagai pemenang yang mendapat hadiah dari para peserta KKPLP ini. 

Seperti yang disampaikan oleh koordinator program KKPLP di SMAN 1 Kencong, Faisal, pada saat penarikan peserta KKPL menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan KKPLP di SMAN 1 Kencong ini pada awlnya mereka agak ragu dikarenakan tempatnya yang jauh dari kampus, tapi pada akhirnya dengan situasi dan suasana kekeluargaan yang ada di SMAN 1 Kencong mereka sangat enjoy dalam melaksanakan tugasnya.

Selain itu, Faisal juga menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga untuk seluruh keluarga besar SMAN 1 Kencong atas waktu, tempat, dan curahan perhatian yang sudah diberikan kepada seluruh peserta KKPLP UNEJ kali ini. seluruh peserta tidak dapat memberikan apa-apa hanya ucapan terima kasih dan doa terbaik yang akan selalu mereka haturkan demi kejayaan SMAN 1 Kencong ke depannya.

Bpk. Imam Miswantoro, selaku Waka Kurikulum yang kali ini didapuk untuk mewakili Kepala Sekolah yang berhalangan hadir menyampaikan ucapan selamat karena program KKPLP ini dapat diselesaikan dnegan baik oleh keseluiruhan peserta. Tak lupa bpk Imam juga mengingatkan kepada mereka untuk tetap merunduk dan haus akan ilmu sehingga tidak ada kata kendor dalam belajar. Dan menyampaikan kepada dosen pendamping yang saat itu diwakili oleh Bpk Robit, bahwa ketika UNEJ mengadakan kegiatan baik itu olimpiade atau kejuaraan, SMAN 1 Kencong mohon untuk diundang dan diberi informasi.

Acara penarikan ini ditutup dengan sesi foto bersama yang menandakan bahwa para peserta program KKPLP UNEJ tahun 2023 ini sudah harus kembali ke kampus untuk menerima mata kuliah selanjutnya.

Selamat kepada seluruh peserta KKPLP UNEJ tahun 2023, semoga apa yang didapat di SMAN 1 Kencong ini dapat memberikan manfaat baik ilmu maupun pengalaman. Jangan pernah lupakan kami, dan tetaplah menjadi juara.

Share:

0 Comments:

Post a Comment

Pengunjung

Kesaktian Pancasila

Kami ada di

Support

3/random/post-list